Euro 2016

Bastian Schweinteiger Tulis Surat Terbuka Buat Suporter Jerman

Kapten timnas Jerman tersebut menulis surat terbuka pada seluruh suporter timnya, usai gagal penuhi ambisi jadi kampiun Euro 2016.

Kapten Jerman, Bastian Schweinsteiger, tampak begitu frustasi dengan kegagalan timnya jadi kampiun di Euro 2016.

Pemain milik Manchester United itu pun lantas menulis surat terbuka, yang berisi permohonan maafnya pada seluruh suporter Der Panzer karena gagal mengulang keajaiban di Piala Dunia 2014.

Dirinya sangat menyesalkan kegagalan ini dan mengakui bahwa Prancis memang layak mengalahkan Jerman, di fase semi-final lalu. Berikut petikan surat isi surat terbuka Schweini:

“Untuk para suporter, saya memiliki satu kata: memalukan. Mimpi kami belum dapat terwujud. Kami tak dapat mencapai final dan tak akan ada malam ajaib yang mengikuti seperti di Rio.

“Sangat disesalkan kami melewatkan sesuatu yang teramat sangat penting melawan Prancis: Keberuntungan yang Anda butuhkan. Tapi kekalahan adalah bagian dari pertandingan, mesk itu selalu menyakitkan.

“Kami dapat menerima penampilan lawan kami dan dengan tulus dan penuh kehangatan saya mengucapkan selamat kepada Prancis atas keberhasilan mereka mencapai final.

“Saya tetap bangga terhadap apa yang telah kami capai. Kami tetap memainkan gaya sepakbola kami. Kami senantiasa berkembang sebagai sebuah tim selama tujuh pekan ini, kami tumbuh lebih erat dalam kebersamaan sebagai sebuah tim dan kebersamaan ini yang membuat kami kuat di Brasil dua tahun yang lalu, kami pun melakukan hal serupa di Prancis kini. Kami adalah sebuah tim, kami adalah Die Mannschaft.

“Bagian dari itu adalah kalian, para suporter. Di mana pun kami berada, Lille, St. Denis, Paris, Bordeaux, atau Marseille – terima kasih kalian telah menjadi pemain ke-12 di samping kami. Dukungan kalian sangat jelas terdengar dan terlihat di seluruh stadion. Kami juga merasakan dukungan dari seluruh rakyat Jerman. Kini kami akan sangat bahagia untuk mengucapkan TERIMA KASIH bagi seluruh suporter kami.

“Terima kasih banyak juga kepada tuan rumah Prancis dan masyarakat Prancis. Sejak hari pertama, kami merasa senang, aman, dan disambut hangat. Kami memiliki kondisi terbaik di Evian-les-Bains.

“Kami dapat fokus dan berlatih dengan intens sebagaimana kami merasa dapat bersantai dengan tenang dan memulihkan diri dengan baik di mana pun kami berada. Prancis telah menjadi tuan rumah yang luar biasa untuk Euro kali ini.

“Saya atas nama tim dengan senang hati mengangkat topi untuk Perancis. Merci! Au revoir! See you soon! Bastian Schweinsteiger.”

Surat terbuka ini sekaligus jadi penanda kuat bahwa Schweini yang sudah berusia 31 tahun, akan pensiun dari karier internasional.

Share