Euro 2016

Inilah Peserta 16 Besar Euro 2016!

Finis sebagai peringkat ketiga Grup F justru “menguntungkan” Portugal karena terhindar dari jalur maut di bagan menuju final.

Empat duel matchday terakhir Grup E dan F pada Kamis (22/6) waktu setempat menutup perhelatan babak awal Euro 2016, dan ke-16 negara yang melaju ke fase gugur pun telah diketahui seluruhnya.

Dua gol penanda rekor Cristiano Ronaldo gagal memenangkan Portugal saat melawan Hongaria, namun hasil imbang 3-3 memadai bagi Seleccao das Quinas untuk lolos sebagai peringkat ketiga Grup F, dan ini malah “menguntungkan” skuat Fernando Santos yang terhindar dari jalur maut dalam bagan menuju final.

Jatah sebagai tim posisi ketiga terbaik juga direbut Republik Irlandia seusai menundukkan pasukan lapis kedua Italia via gol tunggal Robbie Brady. Adapun laga di Stade Pierre-Mauroy tak berpengaruh lagi untuk La Nazionale yang sudah duluan lolos sebagai jawara Grup E, dengan Belgia menjadi runner-up berkat kemenangan 1-0 atas Swedia.

Selain Portugal dan Irlandia, dua tim peringkat ketiga lainnya yang juga menembus 16 besar adalah Slowakia serta Irlandia Utara.

Sementara, Italia mewakili satu dari enam jawara grup bersama tuan rumah Prancis, Wales, Jerman, Kroasia, plus Hongaria. Adapun keenam runner-up di masing-masing grup adalah Swiss, Inggris, Polandia, juara bertahan Spanyol, Belgia, serta Islandia.

Putaran 16 besar akan digelar dalam rentang tiga hari dari Sabtu (25/6) hingga Senin (27/6) waktu lokal, dengan jadwal sebagai berikut:

 

Share