Euro 2016

PREVIEW Euro 2016: Inggris – Wales

Inggris dan Wales akan bertemu di Lens dalam duel bertajuk Battle of Britain sebagaimana ini menjadi salah satu laga paling dinanti di Euro 2016.

Dua kekuatan Britania Raya yakni Inggris dan Wales akan saling sikut dalam lanjutan Grup B turnamen Euro 2016 yang menurut rencana digelar di Stade Bollaert-Delelis di Lens, Kamis (16/6) malam WIB.

Bintang Wales Gareth Bale meyakini bahwa negaranya bisa mengalahkan Inggris sebagaimana pertemuan nanti menjadi salah satu laga paling dinantikan di gelaran kali ini.

Dalam keterangannya kepada wartawan pada Selasa (14/6) kemarin, Bale tidak bermaksud merendahkan Inggris – sebelum kemudian meringis dengan menjawab “tidak ada” ketika ditanya soal pemain Three Lions mana yang bisa masuk tim nasionalnya.

“Kita tahu bahwa Inggris adalah negara yang lebih besar dan mereka punya banyak pemain untuk dipilih, namun saya rasa kami telah menutup celah besar tersebut,” kata pemain 26 tahun itu.

“Kita tahu mereka adalah tim yang bagus, kita tahu kami adalah tim yang bagus. Saya yakin jika mereka tampil bagus, mereka akan merasa percaya diri untuk mengalahkan kami, begitupun sebaliknya.

“Jika kami bermain sebagai sebuah tim, bekerja bersama dan tampil bagus, kami rasa kami bisa menang. Kami akan bertanding, tak sabar menantinya dan kini bersiap untuk mewujudkan kemenangan.”

Bale sendiri mengawali petualangannya di Southampton, dan mantan rekan setimnya yakni Adam Lallana menyebut yang bersangkutan sebagai salah satu dari lima pemain terbaik di dunia.

“Dia [Bale] adalah rekan baik saya yang juga merupakan pemain yang sangat bagus, kita semua tahu itu. Namun mereka juga punya pemain bagus lainnya, seperti Joe Allen yang bermain bersama saya [di Liverpool] dan dia merupakan pemain berkualitas,” kata Lallana.

“Aaron Ramsey adalah pemain lainnya. Kami tidak boleh naif dan terfokus pada Gareth, itu akan menjadi hal yang keliru.”

Jika meraih kemenangan di pertandingan nanti, Wales, yang di laga perdana sukses mengatasi Slowakia dengan skor 2-1, bakal lolos ke fase sistem gugur. Sebaliknya, jika Inggris yang menang, peluang tim arahan Roy Hodgson untuk melewati fase babak grup akan terbuka lebar setelah sebelumnya diimbangi Rusia 1-1.

Share