News, Players, prediksi

Xavi: Pep Guardiola Akan Merevolusi Sepakbola Inggris

Xavi menyebut mantan pelatihnya itu bakal memberikan dampaknya untuk Inggris, terutama menyangkut mentalitas pemain.

Mantan kapten Barcelona Xavi Hernandez tak ragu menyebut Pep Guardiola bakal menghadirkan revolusi untuk sepakbola Inggris.

Xavi berperan penting dalam kisah sukses Guardiola di Barcelona, di mana ia memenangkan 14 trofi.

Kepada BBC Sport, mantan gelandang Spanyol itu percaya kinerja Guardiola di Manchester City bakal menghadirkan dampak untuk persepakbolaan di Inggris.

“Jika ada satu orang yang bisa mengubah mentalitas pemain Inggris, persepakbolaan Inggris, itu adalah Pep Guardiola,” kata Xavi.

“Saya kira dia adalah salah satu pelatih terbaik dan saya pikir dengan kepribadian, tenaga, obsesinya dengan dunia kepelatihan dan kepribadiannya, dia akan memiliki peluang yang sangat besar di sana.

“Mungkin [akan ada] revolusi besar bersama Pep Guardiola. Kini jika kalian melihat laga Manchester City, kalian bisa melihat gaya Pep.

“Semangatnya untuk sepakbola, mentalitasnya, gayanya, bekerja dengan Pep Guardiola semuanya bagus. Dia pastinya adalah salah satu pelatih terbaik untuk saat ini.

“Dia terobsesi dengan gayanya. Dia sangat percaya pada itu. Dia selalu menginginkan penguasaan bola, dia paham akan sepakbola dan dia menyalurkan itu kepada pemain.

“Kami membuat sejarah bersamanya di Barcelona. Dia adalah pelatih fantastis dan dia membuat kenangan hebat untuk semua orang di Barcelona.

“Saya rasa Barcelona selalu punya pelatih terbaik, namun Guardiola menciptakan sebuah revolusi di sepakbola, bukan hanya di Barcelona namun di dunia sepakbola. Buat saya, sebagai pelatih dia adalah contoh dan sebagai pemain, dia adalah rujukan.

“Tentunya dia bisa marah. Ketika kalian melihat Pep Guardiola di bangku, kalian bisa lihat gairahnya untuk sepakbola, dan dia menyalurkan itu kepada pemainnya. Saya kenal dia dan saya tahu dia bisa melakukan itu untuk para pemain.”

Share