News, Players, prediksi

Zinedine Zidane: Masalah Real Madrid Mental, Bukan Fisik

Entrenador Madrid ini membantah teori Capello, menekankan masalah yang dialami timnya saat ini bukan soal kebugaran pemain.

Zinedine Zidane membeberkan masalah yang tengah dihadapi Real Madrid bukan dari segi fisik, melainkan mental.

Los Merengues memulai kampanye 2016/17 dengan enam kemenangan konsekutif di semua kompetisi, tapi performa mereka menukuk dengan merangkai empat hasil seri beruntun untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir. Meski demikian, Zidane menampik timnya mengalami krisis.

Mantan pelatih Madrid Fabio Capello sebelumya menunjuk kebugaran Cristiano Ronaldo yang tidak sedang dalam kondisi fisik sempurna sebagai biang masalah tim saat ini.

Ronaldo, 31, memulai pramusim terlambat setelah puluh dari cedera lutut yang ia dapat di final Euro 2016, tapi ia bermain di empat pertandingan yang berakhir imbang tersebut, mencetak satu gol dalam prosesnya.

Tapi Zidane tidak sependapat dengan teori Capello.

“Saat ini, kami memiliki masalah di awal pertandingan, tapi kami sedang mencari solusi,” tutur pelatih 44 tahun.

“Sekarang ini masalah rumit. Saya harus memperbaiki masalah, tapi saya pikir masalahnya adalah psikis, bukan fisik.”

Pelatih yang pernah membela Juventus saat masih aktif bermain ini juga menekankan pentingnya seorang pemain untuk diisitirahatkan di sejumlah pertandingan.

“Saya sudah bicara kepada para pemain tentang rotasi. Mereka penting karena jika Anda tidak bermain cukup, Anda tidak bisa main bagus ketika tim ini benar-benar membutuhkan Anda,” lanjutnya.

“Cristiano? Wajar ia marah ketika kami menariknya keluar, itu bagus. Ia ingin main setiap saat dan membantu klub ini. Itu bagus, tapi saya tidak berpikir siapa pun dapat main 60 pertandingan dalam semusim.

“Setelah Euro, ia butuh waktu untuk istirahat. Pada 1998, saya kembali terlalu cepat dan mengalami musim yang kacau,” Zidane menyudahi.

Share